My friend just forwarded me an email from a company she engaged to buy a freezer for her baking business start up in Jakarta.
Well.. seriously.. Indo..
what a jungle!
And before you read the below, rather long, email.. do bear in mind that this company has this motto:
Fast & Reliable!
2. Mengenai permintaan ibu untuk kami dapat memberikan potongan harga sebesar 40%.
Kami dapat memberikan pengembalian uang ibu maksimal sampai dengan Rp. 500.000,- . karena harga unit yang kami berikan sudah termasuk discount special sehingga potongan harga sebesar Rp.500.000,- ini kami hitung sebagai kompensasi atas kecelakaan kerja di lokasi yang sebenarnya dapat diminimalisasi apabila saat itu ada tenaga kerja tambahan.
3. Untuk
tambahan perpanjangan garansi belum dapat kami berikan, mengingat
teknisi kami sudah ke tempat kejadian dan memeriksa bahwa unit dalam
kondisi baik dan tidak mengalami kerusakan (hanya penyok dan perlu
penggantian ballast saja). Apabila saat teknisi kami kunjungan pertama
kali ke lokasi dan menemukan unit dalam keadaan rusak fatal, maka hampir
dapat dipastikan bahwa kami akan menggantikan unit tersebut dengan unit
baru.
Well.. seriously.. Indo..
what a jungle!
And before you read the below, rather long, email.. do bear in mind that this company has this motto:
Fast & Reliable!
Dear Ibu xxxxxx,
Sebelumnya
kami mohon maaf atas keterlambatan reply kami. Hal ini disebabkan saya
harus mengajukan complain ibu ini ke management kami.
Bersama ini kami ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas insiden yang terjadi untuk unit pesanan Ibu.
Sebenarnya
prosedur yang berlaku diperusahaan kami adalah untuk setiap pengiriman
barang hanya berlaku sampai unit diturunkan dari mobil saja. Untuk
pemindahan unit dari luar hingga sampai lokasi yang dimaksud biasanya
pihak logistic kami akan minta bantuan dari pihak customer untuk tenaga
tambahan apabila unit yang dikirim termasuk unit besar dan rentan
kecelakaan kerja.
Informasi
yang kami dapat dari driver bahwa sebelum unit dimasukan mereka sudah
minta tambahan orang untuk membantu, tetapi saat itu kondisinya memang
tidak ada tenaga tambahan dari ibu yang dapat membantu sehingga driver
dan kenek kami berinisiatif untuk memindahkan unit tersebut sampai
dilokasi yang Ibu maksud.
Kecelakaan
kerja yang terjadi adalah bukan factor kesengajaan tetapi
ketidaksengajaan. kami juga berterima kasih atas masukan dari Ibu
mengenai keselamatan kerja karyawan kami.
Menjawab pertanyaan dan permintaan Ibu mengenai :
1. Keterlambatan
kedatangan unit, hal ini sudah pernah saya sampaikan by phone bahwa
perijinan dari Bea cukai Jakarta yang saat ini kurang menentu yang
menyebabkan unit-unit kami tertahan cukup lama sehingga mengakibatkan
keterlambatan pengiriman unit ke customer. Hal ini berada diluar
jangkauan dan prediksi kami. Sehingga kami tidak dapat melakukan apapun
kecuali mengikuti prosedur yang berlaku dari pemerintah. Sekali lagi
kami mohon maaf atas kekurang nyamanan ibu mengenai hal ini.2. Mengenai permintaan ibu untuk kami dapat memberikan potongan harga sebesar 40%.
Kami dapat memberikan pengembalian uang ibu maksimal sampai dengan Rp. 500.000,- . karena harga unit yang kami berikan sudah termasuk discount special sehingga potongan harga sebesar Rp.500.000,- ini kami hitung sebagai kompensasi atas kecelakaan kerja di lokasi yang sebenarnya dapat diminimalisasi apabila saat itu ada tenaga kerja tambahan.
Demikian hal yang dapat kami sampaikan.
Sekali lagi kami mohon maaf atas kekurang nyamanan yang terjadi meski bukan hal yang kami sengaja.
Atas perhatian dan kerjasama yang telah terjalin baik, kami ucapkan terima kasih.
Best regards,
xxxx
Supervisor Sales Dept.
Comments
gw baca email ini aja dah bikin esmosi vid, i dun think i can live in indo deh..
minta maaf pjg lebar tp intinya nyalahin customer.